Mobil Toyota 2000GT SEV, Sports Car Bertenaga Surya


Mobil Toyota 2000GT adalah supercar klasik yang sampai hari ini terus dikagumi. Diluncurkan 1967 ketika Jepang baru berada ditaraf awal perkembangan industry otomotifnya. Saat itu dunia mengenal Jepang karena memproduksi mobil-mobil berukuran kecil dan sederhana. Sports car dikuasi pabrikan Eropa dan saat itu Jaguar E-Type adalah sportscar paling popular. Di saat seperti itu, Toyota melahirkan 2000GT dan mampu mengimbangi peforma dan kenikmatan Jaguar E-Type.

Januari 2012, Crazy Car Project, oleh Toyota Automobile Association membangun kembali 2000GT dengan tenaga surya untuk mendapatkan kembali kenikmatan dan sensasi sports car sejati namun tetap penuh perhatian terhadap konservasi lingkungan hidup.

Mesin 2.0 liter enam silinder diganti dengan baterai Lithium-Ion 35kWh yang memasok listrik penggerak motor listrik berkekuatan 120kW (161bhp). Motor listrik ini menggerakkan roda belakang. Untuk menjaga agar baterai terus terisi, kap mesin yang panjang dilapisi solar sel, demikian pula dengan kaca belakang. Bedanya, solar sel untuk kaca belakang mengunakan versi yang bening.

Penciptanya berharap 2000GT Solar Electric Vehicle (SEV) bisa melaju hingga 200km/jam dengan dua orang didalamnya. Ini akan mengubah citra mobil tenaga surya yang identik dengan mobil eksperimental yang dikendarai satu orang dan melaju dengan kecepatan relatif rendah.

Lebih dari sekedar kencang, 2000GT SEV juga mewah. Interiornya dilapisi Alcanntara, material canggih dari bahan alami yang biasanya dipakai di sedan-sedan premium modern. Panel-panelny dilapisi warna emas dan silver. Agar lebih sempurna, suara mesin asli juga dipertahankan. Dengan rekayasa audio, raungan mobil asli tetap terdengar saat pedal gas ditekan.

Mobil masa depan dengan zero emisi ini akan tampil di 2012 Tokyo Auto Salon, pameran mobil custom terbesar di dunia.