Tiga Model Terlaris di Indonesia


Tiga dari sepuluh model terlaris di Indonesia selama 2011 merupakan produk Toyota dan menguasai 27,1% pangsa pasar nasional. Hasil ini mengindikasikan besarnya kepercayaan konsumen terhadap brand Toyota.

Berdasarkan data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), tiga model Toyota menempati posisi sepuluh besar model terlaris adalah Toyota Avanza, Toyota Kijang Innova dan Toyota Rush.

Toyota mengirimkan 162.367 unit Avanza ke pelanggannya sepanjang tahun lalu atau menguasai 18,2% pangsa pasar nasional. Toyota Avanza sekaligus menjadi model paling laris di Indonesia, mengulang prestasi yang sama tahun lalu.

Toyota Kijang Innova diposisi ketiga dengan penjualan 54.763 unit atau menguasai 6,1% pangsa pasar nasional. Sementara Toyota Rush berada diposisi ke sepuluh dengan penjualan sebanyak 25.012 unit atau 2,8% dari market share nasional.

Toyota juga menjadi brand yang paling banyak menempatkan modelnya di sepuluh besar penjualan nasional. Selain Toyota ada Daihatsu (Xenia dan Gran Max), Mitsubishi (Colt Diesel dan L-300), Suzuki (Carry dan APV) dan Nissan (Livina Series).

Sepuluh model terlaris itu total menguasai 40,2% pangsa pasar atau mencapai 359.176 unit. Sisanya dibagi lebih dari 10 brand lain.

Tahun 2011 memang jadi tonggak penting bagi kegiatan bisnis Toyota di Indonesia maupun industri otomotif nasional. Sepanjang tahun lalu, Toyota berhasil memenuhi permintaan 311.090 unit yang terdiri dari 310.674 unit brand Toyota dan 416 unit brand Lexus. Meningkat 10.8% dari 284 ribu unit pada 2010.

Di tingkat regional Asean, tahun ini untuk pertamakalinya Toyota Indonesia menjual lebih banyak dari Thailand, sekaligus menjadi nomer satu di Asean. Di tingkat global, untuk pertamakalinya pula Indonesia berada di rangking empat, dibawah Amerika Serikat, Jepang, dan China.

Industri otomotif nasional juga mengalami pertumbuhan signifikan dengan mencatat penjualan 890.410 unit sepanjang tahun ini.