Nav-1 diposisikan untuk bersaing dengan Nissan Serena, Mazda Biante, dan Honda Odyssey. Informasi lainnya, Toyota membekali Nav-1 dengan mesin bensin 2.000 cc, sama dengan yang digunakan oleh Kijang Innova. MPV 7-penumpang baru ini nantinya akan mengisi segmen antara Innova dan Alphard, yaitu paket premium dengan harga lebih terjangkau.
Nav1 telah dilengkapi pintu geser
elektrik di kedua sisi. Bangku tengahnya pun dapat diputar 180 derajat
ke belakang hingga bisa disulap sebagai meeting room berjalan. Atau cukup 60 derajat untuk memudahkan Anda menaik-turunkan anak kecil.
Di kabin depan, AC climate control dual zone dan audio double-DIN menghiasi desain dasbor yang mirip baby Alphard. Tuas transmisi di dasbor memudahkan saat dioperasikan dan memberi ruang lega antar bangku depan. Demikian juga tombol Start/Stop yang memudahkan pengemudi.
Dari
literatur website luar, bangku tengah Nav1 memiliki pilihan komposisi
dua dan tiga penumpang. Untuk mengejar kemewahan, mestinya model yang
dijual di sini akan menggunakan komposisi 2 penumpang atau captain seat.
Di belakang, tersedia bangku untuk 3 penumpang yang cukup layak untuk
penumpang dewasa. Untuk pendingin tersedia kisi AC hingga baris ketiga.
Menarik karena Nav1 akan menggunakan mesin gres berkode 3ZZ-FAE 1.987 cc 4-silinder berteknologi Valvematic. Lebih advanced dari
Dual VVT-i yang hanya mengatur durasi buka-tutup katup masuk dan buang,
Valvematic juga mengatur panjang langkah katup sesuai kebutuhan mesin.
Tak
ayal jika mesinnya mampu menghasilkan tenaga 158 dk pada 6.200 rpm dan
torsi 196 Nm pada 4.000 rpm. Nav1 akan menggunakan transmisi otomatis
CVT 7-speed serupa milik Toyota Corolla Altis.
Bagaimana
dengan model? Toyota Nav1 akan memiliki 2 pilihan model, yakni G dan V.
Keduanya hanya memiliki pilihan transmisi CVT. Untuk harga, tipe G akan
berada di Rp 378 juta, dan V sebagai flagship di Rp 398 juta.
Toyota Nav 1
20.38